PANDEMI COVID-19: STRATEGI PEMBELAJARAN GURU KELASRU KELAS PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA YAPIS JAYAPURA

STUDI PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA YAPIS JAYAPURA

Penulis

  • Samuel Mamonto Universitas Yapis Papua
  • Yendra Universitas Yapis Papua

Kata Kunci:

Covid-19, Strategi Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran guru kelas pada Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Yapis Jayapura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil yang sangat signifikan antara strategi pembelajaran guru kelas sebelum dan pada masa pandemi covid-19. Sebelum pandemi hasil belajar siswa dapat dipantau secara langsung dan pada masa pandemic hasil belajar mahasiswa hanya dapat dipantau melalui media sosial tanpa melihat langsung hasil kerja dan
perkembangan siswa saat belajar. Proses pembelajaran di lakukan secara daring menggunakan komunikasi online seperti Whatsapp, zoom, dan media belajar lainnya, kemudian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) metode daring, proses belajar mengajar secara tatap muka di wajibkan menggunakan protocol kesehatan seperti cuci tangan, wajib menggunakan masker dan seluruh orang yang masuk ke dalam sekolah menjaga jarak kapasitas kelas hanya diperbolehkan menampung 30-50% kapasitas tergantung dari luas ruangan, tatap muka siswa dengan guru dilakukan hanya pada saat mengambil tugas dan di kerjakan di rumah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-01